Perilaku sulit dikendalikan

on Senin, 02 Maret 2009

Memahami perilaku yang sulit dikendalikan

Kadang mudah memahami mengapa seseorang bersikap tertentu. Contohnya, seseorang yang dirundung duka atas meninggalnya salah seorang anggota keluarganya, dia akan terlihat sangat sedih dan kacau pikirannya. Seseorang yang terlambat datang ke kantor mungkin akan membentak orang lain. Akan tetapi, alasan orang bersikap, tidak selalu bisa ditelusuri sebab-sebabnya secara spesifik. Banyak faktor yang saling berkaitan dalam memengaruhi bagaimana seseorang bersikap.

Misalnya, Anda sedang flu berat. Anda mung-kin merasa lemas tidak bertenaga dan tidak dapat berpikir dengan jernih. Apakah Anda akan tinggal di rumah atau pergi bekerja? Tindakan yang Anda ambil bergantung pada banyak faktor Ikephbadian dan kecenderungan Anda, pekerjaan Anda, lingkungan tempat Anda bekerja, reaksi teman sekerja Anda. Semua ini turut memegang peran dalam keputusan yang Anda ambil, secara sadar ataupun tidak.
Tindakan anak-anak juga terpengaruh oleh banyak faktor | faktor-faktor penting dan sepele, masa kini dan masa lalu, sikap bawaan dan pengaruh sosial. Para peneliti telah mempelajari hal-hal tersebut untuk memastikan mana saja yang memiliki dampak yang paling kuat dan bagaimana faktor-faktor tersebut saling berkaitan dalam memengaruhi sikap seseorang. Pemahaman mengenai pengaruh yang paling utama akan membantu Anda memahami beberapa sikap sulit anak-anak Anda. Lima pengaruh tersebut adalah:
1. Temperamen
2. Karakteristik biologis lain
3. Pola asuh
4. Stres keluarga
5. Pengaruh dari luar keluarga

selanjutnya Baca bab tentang Tempramen

0 komentar: